Eko Kars Gombong Selatan Menyimpan Berjuta Pesona

Yes Outdoor : Eko Kars Gombong Selatan, seperti sempat ditulis pada artikel sebelumnya merupakan sebuah kawasan di selatan kota Gombong, kabupaten Kebumen yang merupakan kawasan eco kars yang termasuk dalam kategori kars terumbu dan merupakan salah satu kawasan terunik di asia pasifik.

Keindahan dan pesona alam diwilayah tersebut sungguh menakjubkan, sehingga siapapun orang yang berkunjung kesana akan terkagum dengan sajian keindahan alam dan juga sosial masyarakatnya.

Ada banyak gua alam yang bisa dijadikan sebagai obyek wisata maupun laboratorium alam untuk kepentingan studi. Sedangkan jika kita sedikit menuju ke selatan, disana bisa dijumpai bentang pentai yang sangat indah dan masih alami.

Yang belum menandatangani Petisi Penolakan Ekplorasi Kawasan Eco Kars Gombong Selatan, silahkan beraksi melalui link ini.
 
Pantai Menganti, salah satu keindahan pantai selatan kawasan eco kars Gombong Selatan


Pesona alam yang tersedia, membuat kawasan tersebut berpotensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata. Salah satu lokasi yang bisa memanjakan mata pengunjung yaitu kawasan Resor Pamangkuan Hutan (RPH) Tebo, BKPH Gombong Selatan yang ada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah.

Goa Sawangan ( hanyalah salah satu dari sekian obyek yang bisa kita temukan di kawasaneco kars Gombong Selatan tersebut )merupakan perpaduan dua goa yakni Goa Sawangan dan Goa Surupan.
Gua Jatijajar

Kedua goa tersebut bersatu dengan dua mulut goa ditempat berbeda. Lazimnya gua yang ada di kawasan karst, gua Sawangan juga memiliki keindahan stalakmit, stalaktit serta sungai bawah tanah dan juga air terjun.

Meski tidak banyak dikunjungi orang karena letaknya yang sulit dijangkau. kedua gua ini tentu saja menjadi salah satu warisan alam yang juga harus dilestarikan.

Selain kedua gua tersebut, di kawasan eco kars Gombong Selatan ini juga terdapat gua Jatijajar yang terkenal itu, gua Petruk, gua Barat dan banyak gua alam disana.

Untuk area pantai yang ada di pesisir selatan, adalah pantai Ayah, Pantai pasir putih, pantai Menganti, pantai Suwuk, pantai Karang Bolong dll.

Jika ada waktu silahkan menjadi salah seorang saksi keindahan dari kawasan eco kars Gombong Selatan ini.

Sangat disayangkan jika semua warisan alam yang ada disana rusak hanya karena ekplorasi sumberdaya alam atas nama ekonomi. Berapa juta tahun yang akan terbuang sia-siang jika wilayah tersebut menjadi rusak?


Posting Komentar

0 Komentar