Catatan Tentang Pilihan, Perjalanan & Sejarah

Yes Outdoor : Kisah ini merupakan sebuah catatan otentik dari seorang bro Hari, dimana harus menentukan dan membuat sebuah keputusan yang kelak menjadi sejarah untuk tetap ia kenang.

Selalu ada opsi bagi setiap orang yang berani mengambil sikap. Berikut kisah dari catatannya yang autentik :


.Dua minggu sblm keberangkatan,aq baru tau kalo kalian akan study tour sndri,yaa,study tour yg tdk ada dlm dftar plihan dri skolah kita wktu itu.Kalian mrencanakan pndakian ke G.lawu & g.sumbing,sbgai gnti study tour.Benar2 ide gila bathinku,hahaha. 
Jadilah pagi itu,ehmm tgl brapa yah,9 april 2006 seingetku,kita ber6 brkt dri posko gaspala.Salam perpisahan dri helmi,bambang,aryanto pagi itu msh kuingat jelas.Trims,. 


Bro Hari kini sudah dewasa
Dg brjalan kaki,kita mnyusuri jln cincin kota,stadion,tgu lawet,pemuda,hingga smpai di sta.kebumen. 

KA logawa ekspres yg akan mmbawa kita ke solo trnyata penuh sesak,maklum sja,kan tgl merah.. 
Tanpa beli tiket,kita nekat naik kereta itu,walau di prjalanan kita disemprot sm pak kondektur,:-( 
Pkl 12.00,kreta brhnti di stasiun,tp daerah mna kita ga ada yg tau.Konyol,blm ada yg prnah ke solo. 
Trun dri kereta,kita lsng lanjut ke terminal.Trims utk petunjuknya pak satpam. 
Lama kita nunggu,dtng jg bus jur.twangmangu.Oiya,sepanjang prjalanan kita dihibur oleh orkes dangdut sanjaya,yg bikin mata merem melek. 
Hawa dingin mlai trasa,smpe jg di twangmangu.Stlah nemu masjid buat sholat dhuhur ples ashar,kita lanjut naik mobil L300 yg mw nganter kita ke basecamp cmrsewu.Wktu itu jalan raya krg.anyar-magetan msh dibangun,ga tw skrg ky apa jadinya.Setelah mlintasi bscmp cemro kandang,gapura batas prov.jateng dan jatim,ga lama kita smpai di basecamp cmrsewu,wuihhh,bnr2 dingin sore itu.Kata aris kesod,bscmp ini tingginya 1900 mdpl,pantes aja dingin bngt. 
Stlh ngurus perijinan,kita langsung cari warung makan,menu sore itu nasi pecel kalo ga salah. 
Rncananya kita mw start naik abis isya,eh trun ujan...mana si turyono kebelet lgi,trpaksa aq temenin dlu dia ke toilet diseberang bscmp yg airnya ky es,ga ada pnerangan jg,smbil nunggu reda ujannya. 
Alhamdulillah,pkl.23.00 ujan reda. 
Dg brdoa kpd Allah Swt,kita mngawali prjlanan mlm itu.Trek awal brupa jalan makadam.Ga jauh dri bscmp,ada camping ground di kiri jalur,bnyak jg yg ngecamp mlm itu. 
Ga lama,jalur brubah agak mnyempit,trpaksa jalan beriringan jadinya.Dg posisi dri dpn edi,aq,ryan,azwar,turyono,aris. 
Sesekali kita brhnti utk skdar melepas lelah,smbil jepret sana sini.Oya,pohon2 di situ aneh bntuknya,mirip hewan.Konon critanya,itu gara2 kebakaran yg mlanda kaki g.Lawu thn brapa yah lupa,0:) . 
Smbil trus jalan,kita kdg memikirkan tmn2 kita yg lg pd studytour ke bali,enaknya mereka,tidur di hotel,maknan enak,sdgkan kami dsni hrus brjuang mlawan rasa lelah,haus,lapar,dll.Tak apalah,itu semua pilihan,dan kami yg mlm itu sdg mlakukan kgtn "gila",ttp semangat mnjalaninya.Oya,dsni aq jg sempet pusing2,mgkn gejala Ams,maklum aja kan ini prdana buatku.Dg diobati pke antalgin,alhamdulillah sehat lg. 
Krg lbh jam 4 pagi kita ngecamp,skdar istrahat,nunggu shubuh,sunrise dll.Ada jg kjadian dmna kita didatengin burung jalak gading,yg pesennya mas pnjga basecmp,jgn dganggu itu burung. 
Jam 8 pgi kita lanjut k puncak argodumilah,di tengah prjlnan ktmu jg sm orang2 yg kyna baru pd ritual di puncak,trbukti dg adanya payung orang mninggal,sesaji,dll. 
Tetep lnjut,smpe akhrnya kita mnginjakkan kaki di puncak argodumilah +- jam 12 siang.Inget jg dsni kita lg enak2nya masak,tp harus cpt2 trun krn kata pndaki lain mw ada badai.Alhasil masakn yg blm mateng lsng dipacking aja,trus cpt2 trun.Akhirnya,kita smw smpe basecmp cmrsewu mnjelang magrib.Alhamdulillah ya Allah,trimaksh atas lindunganMu. 
Inilah sepenggal cerita dariku,yg semoga dpt djadikan kenangan,mngenang masa2 awal kecintaanku pd naik gunung. 

Trima ksh kpd: 
1.Allah Swt, 
2.orang tua kami, 
3.Pak Sudarto(waka sek), 
4.teman2, 
edi,aris,turyono,azwar,ryan,helmi,bambang,aryanto,rigel,pak kondektur,pak satpam. 
dan smw pihak yg ikut mmbantu klancaran kgtn kami.

Posting Komentar

3 Komentar

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)