Mengenal Jenis-jenis Gua

Carst
Yess Outdoor : Salah satu aktivitas outdoor yang menantang dan mampu memberikan pengalaman petualangan tersendiri adalah petualangan gua atau caving.

Kita akan menjumpai pemandangan yang sangat berbeda dengan dunia atas tanah. Ternyata dibalik gelapnya gua, disana tersimpan misteri keindahan perut bumi.

Ada berbagai macam obyek yang bisa kita jumpai didalam gua. Diantaranya adalah sungai bawah tanah, air terjun, dinding gua yang tinggi, stalaktit dan stalakmit. Selain obyek-obyek tersebut, kita juga bisa saja menjumpai banyak biota, aktivitas kehidupan makhluk hidup didalam gua.

Sebelum kita memutuskan untuk caving, sebaiknya kita pelajari dulu tentang hal-hal mendasar dari gua yang akan kita telusuri. Gua sendiri memiliki berbagai jenis berdasarkan karakter yang dimilikinya.

Dengan mengenali dan mengerti jenis-jenis gua tersebut maka kita akan mendapatkan pengetahuan dan peralatan apa yang kita butuhkan dalam aktivitas caving tersebut, karena beda karakter terkadang membutuhkan peralatan khusus yang berbeda pula.

Jenis Gua Berdasar Batuan Pembentuknya :

Gua Karst


Gua jenis ini merupakan bagian terbesar dari jenis gua yang ada di dunia.
Gua yang terbentuk pada kawasan yang telah mengalami Karstifikasi atau pelarutan. Sekitar 70 % gua yang ada didunia terbentuk pada Kawasan Karst.

Indonesia memiliki kawasan karst yang luasnya sekitar 15,4 juta hektare dan tersebar hampir di seluruh Indonesia. Keberadaan kawasan ini menunjukkan bahwa pulau-pulau Indonesia banyak yang pernah menjadi dasar laut, namun kemudian terangkat dan mengalami pengerasan. Wilayah karst biasanya berbukit-bukit dengan banyak gua.

Berikut adalah wilayah karst di Indonesia
  • Perbukitan Bohorok (Sumut)
  • Payakumbuh (Sumbar)
  • Bukit Barisan, mencakup Baturaja (Kabupaten Ogan Kombering Ulu)
  • Sukabumi selatan (Jabar)
  • Gombong Selatan, Kebumen (Jawa Tengah)
  • Pegunungan Kapur Utara, mencakup daerah Kudus, Pati, Grobogan, Blora dan Rembang Jawa Tengah)
  • Pegunungan Kendeng, Jawa Timur
  • Pegunungan Sewu, yang membentang dari Kabupaten Bantul di barat hingga Kabupaten Tulungagung di timur.
  • Sistem perbukitan Blambangan, Jawa Timur
  • Perbukitan di bagian barat Pulau Flores, tempat lokasi banyak gua, salah satu di antaranya adalah Liang Bua (Nusa Temggara Timur, NTT)
  • Perbukitan karst Sumba (NTT)
  • Pegunungan karst Timor Barat (NTT)
  • Dan lain-lain :)
Gua Litoral


Gua Litoral
Gua ini terbentuk akibat adanya proses erosi dan pengikisan dari air laut terhadap batuan  di pantai seperti  pada tebing-tebing pantai yang curam dan berlangsung dalam proses yang lama.

Gua Vulcanic
Terbentuk akibat pergeseran permukaan tanah akibat aktivitas Vulkanic.


Gua Es
Gua es adalah jenis gua alam yang terbentuk dari es dalam jumlah besar dan memiliki suhu yang sangat rendah.

Gua Pasir
Gua yang terbentuk dari material pasir.


Gua es dan gua pasir adalah jenis gua yang termasuk sulit untuk dijumpai karena jumlahnya kurang dari 5% dari jumlah gua yang ada didunia.



Posting Komentar

0 Komentar